Pakai M1 Valentino Rossi Kembali On Fire

Add caption
Hari pertama testing Valentino Rossi di Sirkuit Sepang penuh dengan senyum. Ia sama sekali tak terkendala dalam proses pengenalan awal Yamaha YZR-M1. Catatan waktunya pun menjanjikan.
Ini kali pertama The Doctor bisa menggeber M1 ke batas kecepatan maksimal dan mendapatkan berbagai masukan teknis yang ia perlukan. Pada sesi pagi hari ia menggunakan M1 model 2012 untuk pengenalan. Setingannya pun berdasarkan data teknis punya Lorenzo di trek itu. Hanya suspensi depan yang satu tingkat diperkeras Rossi. Dengan spek itu ia catat waktu 2:01,508 atau hanya selisih kisaran 0,4 detik dari Dani Pedrosa (Honda) dan teammate-nya di Yamaha Jorge Lorenzo.
Pada sesi berikutnya ia jajal M1 spesifikasi sama tapi dipasangi mesin spek 2013. Awalnya pakai setingan tim Lorenzo, namun belakangan ia dan timnya bikin set up tersendiri.
“Saya tak terlalu banyak masuk lintasan untuk menyimpan energi.  Tes pertama seperti ini sangat menguras fisik setelah tiga bulan istirahat. Saya coba 27 laps atau tujuh lap lebih dari waktu balapan pada siang hari, hasilnya sangat bagus. Best lap-nya dua menit koma dua detikan.
Ia akui tak merasakan banyak perubahan mencolok dengan M1 yang ia tinggalkan akhir musim 2010 dan pindah ke Ducati. Feeling-nya masih terjaga dan sangat merasakan karakter khas Yamaha. “Hanya saja pergerakan roda depan lebih baik dari dua tahun lewat. Perangkat elektroniknya pun berbeda dan lebih mudah. Paling terasa tentu pada poer karena kini bermesin 1000 cc. Intinya, saya merasa tes awal ini berlangsung seperti harapan. Tidak seperti saat pertama tes dengan Ducati, sejak awal saya merasa sudah terkendala,” ujar The Doctor yang sepanjang hari itu rajin menebar senyum.
Lantas, apakah ia sudah merasa siap bertarung di baris depan?
“Ini kompetisi level tinggi dan tentunya berat mengalahkan Lorenzo dan Pedrosa. Mereka tengah berada di puncak karir masing-masing, namun saya harus mencobanya. Saya lebih tua dan karena itu perlu usaha lebih keras menundukkan mereka. Saya merasa on fire karena catatan waktu tak terlalu jauh dari mereka,” tegas The Doctor.
Nah, kalau semangatnya sudah begitu, patinya greget kompetisi musim ini bakal jauh lebih sengit dari musim lalu. Apalagi, pendatang baru marc marquez pun tampil apaik di atas Honda RC213V. Rossi sendiri memuji penampilan awal Marquez di Repsol Honda, yang di hari pertama bisa menguntit waktu Pedrosa dan Lorenzo, sekaligus mengungguli Rossi.
“Dengan lap time yang dibukukan Marquez, saya percaya ia bisa bersaing memperebutkan gelar sejak awal kompetisi.”
Nah, berarti favorit juara bukan lagi hanya Lorenzo dan Pedrosa dong! 

 Sumber :
http://maniakmotor.com/index.php/sport/moto-gp/1999-motogp-2013-pakai-m1-valentino-rossi-kembali-on-fire

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

TWITTER